Selasa, 04 Oktober 2011

Tahap-Tahap Modeling


TAHAP-TAHAP MODELING
1.      Atensi
Atensi adalah tahap untuk mulai memberi perhatian pada model. Konselor pada tahap ini meminta/mendorong konseli untuk mulai memerhatikan perilaku model. Sebelum memulai tahap ini konselor harus memastikan kesiapan konseli agar nantinya pada saat model menampilkan perilaku, konseli dapat berkonsentrasi secara penuh terhadap model.
2.      Retensi
Retensi merupakan tahap mulai mengimitasi model. Konseli pada tahap ini mulai mengimitasi perilaku yang ditampilkan oleh model. Namun dengan catatan bahwa perilaku yang dimodeling haruslah spesifik, dan sesuai dengan tujuan konseling.
3.      Reproduksi
Reproduksi merupakan tahap dimana konseli menunjukkan tingkah laku seperti tingkah laku model.
4.      Motivasi
Pada tahap motivasi, merupakan proses pemberian dukungan/ reinforcement. Pemberian dukungan/reinforcement ini diberikan oleh konselor ketika konseli menunjukkan perilaku yang dikehendaki. Pemberian dukungan/reinforcement diharapkan agar konseli memiliki kecenderungan untuk mengulang kembali perilaku yang dikehendaki tersebut secara kontinyu dan lebih baik lagi.
5.      Vicarious Learning
Vicarious learning merupakan belajar dengan cara mengobservasi konsekuen tingkah laku orang lain. Pada tahap ini konseli akan melihat dan mengetahui konsekuen perilaku yang ditunjukkan oleh model. Dengan pemahaman yang dilakukan oleh konseli bahwa perilaku hasil dari memodeling mendapat reinforcement  maka konseli akan memutuskan untuk  melanjutkan atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar