Jumat, 10 Juni 2011
Format Penilaian Observasi
Buat mahasiswa BK n pengunjung setia...banyak mahasiswa yang masih bingung dan kurang persiapan sebelum praktik memberi layanan...nah ini ada format penilaian yang aku dapat dari perkuliahan...meskipun sepele tapi semoga saja bisa bermanfaat
FORMAT PENILAIAN
LAYANAN KLASIKAL
Nama :……………………………………. NIM :……………………..
Jenis Layanan:……………………………………. Rombel :……………………..
No Komponen yang dinilai Rentangan Nilai
56-60
CD 61-65
C 66-70
BC 71-80
B 81-85
AB 86-100
A
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
I. PRA PEMBELAJARAN
1. Kesiapan ruang, alat dan media layanan
2. Memeriksa kesiapan peserta didik/klien
Rata-rata I
II. MEMBUKA LAYANAN
1. Melakukan pembinaan hubungan baik dengan peserta didik/klien
2. Melaksanakan penstrukturan (menyampaikan pengertian, tujuan, cara pelaksanaan, peran konselor dan klien)
Rata-rata II
III. KEGIATAN INTI LAYANAN
A Penguasaan Materi Layanan
1. Menunjukkan penguasaan utuh terhadap layanan
2. Menerapkan asas-asas dalam pelaksanaan layanan
3. Menunjukkan etika dasar pelayanan konseling
4. Menunjukkan jelas arah pengubahan tingkah laku peserta didik/klien
Rata-rata A
B Pendekatan dan Strategi Layanan
1. Melaksanakan layanan sesuai dengan kompetensi tujuan yang akan dicapai
2. Melaksanakan layanan secara runtut
3. Menguasai ketrampilan konselor
4. Melaksanakan layanan yang bersifat kontekstual dan kekinian
5. Melaksanakan layanan yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)
6. Melaksanakan layanan sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
Rata-rata B
C Pemanfaatan Sumber Belajar/Media Layanan
1. Menunjukkan ketrampilan dalam penggunaan sumber belajar/media layanan
2. Menghasilkan layanan yang menarik
3. Melibatkan siswa dalam pembuatan pemanfaatan sumber belajar/media layanan
Rata-rata C
D. Layanan yang Memicu dan Memelihara Keterlibatan Siswa
1. Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik/klien untuk mengikuti layanan
2. Merespon secara tepat dan positif partisipasi peserta didik/ klien
3. Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon peserta didik
4. Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif dan hangat
5. Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam mengikuti layanan
Rata-rata D
E. Penilaian Proses dan Hasil Layanan
1. Melakukan penilaian proses
2. Melakukan penilaian segera yang berfokus pada UCA
Rata-rata E
F. Penggunaan Bahasa
1. Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
2. Menggunakan bahasa yang kontekstual
3. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
Rata-rata F
Rata-rata III
IV PENUTUP
1. Melakukan refleksi
2. Melaksanakan tindak lanjut dan rencana kegiata layanan berikutnya
Rata-rata IV
Rata-rata Keseluruhan
Semarang,…………………………………
Penilai,
(……………………………………………)
NIM.
Keterangan
Kolom rentangan nilai diisi skor mentah (angka)
Rata-rata nilai: Rata-rata (I+II+III+IV)/4
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar